Senin, 28 Desember 2009

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Pemuda di Indonesia tidak luput dari pengaruh bersosialisasi di dalam lingkungan masyarakat. Perlu kita ketahui bahwa pemuda di Indonesia merupakan generasi bangsa untuk masa depan yang akan datang dimana para pemuda berperan penting dalam menentukan nasib bangsa Indonesia. Dan para pemuda harus bersemangat dalam memperjuangkan negara Indonesia.

Sosialisasi dapat diartikan sebagai suatu proses dimana suatu individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Bersosialisasi sangat penting di dalam lingkungan masyarakat. Dari sisi positifnya, kita dapat saling berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan saling tolong menolong sesama manusia. Tanpa adanya rasa sosial, kita tidak akan pernah tahu dunia luar dan kita tidak pernah peduli dengan masyarakat sekitar.

Pemuda dan sosialisasi merupakan suatu proses yang sangat baik untuk lingkungan. Misalnya dengan remaja-remaja yang mulai beranjak dewasa. Perlu bersosialisasi dilingkungan sekolah, rumah maupun dikampus. Tujuannya untuk saling bertukar informasi dengan masyarakat sekitar. Jadi kita mengetahui apa yang terjadi dengan lingkungan kita sendiri. Tetapi akhir-akhir ini banyak terjadi pengaruh negatif yang membuat para pemuda sekarang terjerumus ke arah yang tidak benar. Contohnya saja banyak terjadi remaja yang terkena narkoba, pergaulan bebas dan free seks. Hal tersebut karena pengaruh lingkungan yang tidak mendidik dan salah bersosialisasi. Bahkan anak SD ada yang sudah berani merokok di depan umum. Ini salah satu contoh yang tidak baik untuk masa depan bangsa. Salah bersosialisasi bisa mengakibatkan pengaruh besar untuk bangsa ini.

Untuk itu perlu adanya himbauan dari orang sekitar terutama orang tua. Guru disekolah maupun di lingkungannya juga perlu menghimbau untuk melakukan penjelasan betapa pentingnya bersosialisasi yang positif dan tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif. Tidak hanya itu, kita sebagai remaja juga perlu adanya kesadaran dari diri masing-masing untuk melakukan bersosialisasi dengan cara mengikuti organisasi yang ada di lingkungan sekitar dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang. Dan berusaha untuk mengajak para pemuda lain yang terjerumus ke dalam suatu hal yang positif.
« GLOBAL WARMING
MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN »

sumber:http://qqrizkia.ngeblogs.com/2009/12/20/pemuda-dan-sosialisasi/


kesimpulan: menurut saya bersosialisasi pada masa muda sangat penting, karna dapat memberi pengetahuan dari masing -masing pengalaman individu, kita juga bisa Sharing dengan teman-teman, tapi jangan lupa, kita harus bergaul dengan teman yang baik, sehingga kita mendapatkan ilmu yang positif dan dapat membahagiakan orang tua jika kita tidak berkelakuan negatif di masa muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar