Senin, 01 Maret 2010

apa sih EVDO Rev.A??

Setelah Indosat mengeluarkan produk 3,5 G nya, sebentar lagi di Indonesia akan hadir teknologi akses Internet yang kencang.

Teknologi baru itu adalah CDMA EV-DO Rev. A (baca revisi A). Ini adalah teknologi terbaru keluaran Qualcomm dari Amerika Serikat.

Teknologi yang akan diusung oleh smart (dengan produknya jump) sudah pernah masuk ke Indonesia pada 2004. Waktu itu yang diboyong ke negeri ini adalah teknologi CDMA EV-DO Rev. 0. Teknologi itu dibawa oleh Mobile 8 atau Fren.

Dengan teknologi EV-DO , pengguna bisa mencicipi kecepatan hingga 2,4 Megabit per second (Mbps) untuk (download) atau 153 Kilobit per second (Kbps) untuk mengirim data (upload). Saat itu, teknologi ini telah mengalahkan teknologi 3G keluaran GSM.

Berbeda dengan CDMA 2000 1x, kecepatan akses EV-DO Rev. A adalah 1,5 kali teknologi EV-DO Rev. 0. Kecepatan akses teknologi EV-DO Rev. A mencapai 3,1 Mbps. Sedangkan untuk mengirim data, pada teknologi yang lama, EV-DO Rev. 0 kecepatannya hanya 153 Kbps, sedangkan pada Rev.0 kecepatannya naik menjadi 1,8 Mbps.

Teknologi EV-DO ini, lebih baik ketimbang teknologi GPRS. Alasannya, pertama kecepatannya. Kedua, EV-DO ini dirancang khusus untuk menyalurkan khusus data. Data yang terkirim, tak tercampur suara. Jadi, “Ketika traffic suara meningkat, akses data tak dikalahkan. Ini berbeda dengan GPRS, saat traffic suara meningkat, akses data dikalahkan.

Alasan ketiga, saat pengguna tak masuk jaringan CDMA EV-DO, otomatis pengguna akan dialihkan ke jaringan CDMA 2000 1x yang kini banyak tersebar di Indonesia. Kecepatan akses teknologi ini juga lumayan, tiga kali lebih cepat ketimbang akses melalui dial up ke telepon rumah (PSTN).

Di Amerika Serikat, teknologi EV-DO Rev A ini sudah lama populer. Buku elektronik Amazon, Kindle, pun memanfaatkan teknologi ini. Operator seluler, Sprint, misalnya juga sudah menggandeng produsen PDA asal Taiwan, yakni HTC, untuk menyediakan PDA dengan kecepatan tinggi. Sejumlah vendor dari Korea Selatan juga sudah menawarkan modem data.

sumber: koran tempo

.

1b_EvltnCDMA

Sumber: //komputerblog.com/2009/07/16/evdo-rev-a-generasi-terbaru-teknologi-cdma/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar