Minggu, 28 April 2013

Pengalaman Membuat Aplikasi Perpustakaan

           Pada saat semester 4 saya dan teman-teman saya disuruh oleh dosen saya untuk membuat program perpustakaan dengan user friendly, dimana program ini dibuat dengan bahasa pemograman java, menggunakan netbeans dengan sistem yang hampir sama dengan progam peminjaman kaset film cd/dvd
yanng diantaranya adalah :

1. adanya penginputan anggota perpustakaan/member
2. adanya batas waktu peminjaman buku perpustakaan
3. adanya denda berupa uang bila telat mengembalikan buku / denda buku yang hilalng
4. adanya bukti transaksi peminjaman dan pengembalian buku (report)

        Masalah yang kami dapatkan adalah untuk pembuatan report ( laporan transaksi ), walaupun sudah membuat sesuai tutorial tapi tetap gagal, dan pengurangan tanggal pada database ( pengurangan tanggal diperlukan untuk menghitung berapa lama orang meminjam buku perpusstakaan ).

Pengalaman saya dalam membuat program perpustakaan sangat membantu saya untuk membuat program aplikasi lain, seperti membuat aplikasi tabel periodik kimia yang berbasis android, karena sourcecode android menggunakan bahasa pemograman java juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar