Minggu, 17 Maret 2013

Join Table Di SQL


kali ini saya akan membahas tentang join table, apa sih join table? Join table adalah penggabungan table yang dilakukan melalui kolom / key tertentu yang memiliki nilai terkait untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap.  Lengkap disini artinya kolom data didapatkan dari kolom-kolom hasil join antar table tersebut. Join diperlukan karena perancangan table pada sistem transaksional kebanyakan di-normalisasi, salah satu alasannya untuk menghindari redundansi.

INNER JOIN adalah tipe join yang akan kita bahas pertama. Tipe join ini akan mengambil semua row dari table asal dan table tujuan dengan kondisi nilai key yang  terkait saja - jika ada, dan jika tidak maka row tersebut tidak akan muncul.  CROSS JOIN identik dengan INNER JOIN

OUTER JOIN merupakan tipe join yang mencari referensi data dari suatu table sumber ke table lain dengan tidak menghilangkan data sumber apabila referensi tidak  diketemukan.

STRAIGHT_JOIN merupakan pengganti keyword JOIN pada MySQL yang digunakan untuk "memaksa" proses join table dari kiri (LEFT) ke kanan (RIGHT).

Pertama kita bikin table nilai yang berisikan field npm, us, uas, dan kd_mkul
Setelah itu isikan masing field tersebut sebanyak 3 record ke dalam tabel nilai

into into nilai value
(‘54409766’, ‘100’, ‘100’,’acil’),
Artinya memasukkan value yang ada di table nilai, 54409766 sebagai npm, nilai 100 uts, nilai uas 100, dan namannya adalah acil


Kita buat table dengan nama matkul. Perintah nya  adalah create table matkul(npm varchar(8),matkul varchar(20)); untuk membuat kolom np, bertipe data varchar, kolommatkul  bertipe data varchar. Lalu isikan record nya masing”


Gambar di atas, kita lihat tabel dari mahasiswa. Matkul, dan tabel nilai pada
Setelah itu, kita akan melakukan join tabel dar tabel tabel yang ada, maka sebagai berikut:



Select nama,npm,matkul,uts,uas, from mahasiswa join nilai join matkul maksudnya adalah  mengambil record nama dan npm yang ada di tabe mahasiswa,  dan mengambil record matkul di tabel matkul. Dan mengambil record uts dan uas di tabel nilai. Semuanya akan digabungkan dalam satu tabel.

selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar