Jumat, 25 Maret 2011

The Web in Society (Definisi E-Commerce)

Definisi E-Commerce
Dalam perkembangannya e-commerce merupakan kegiatan yang meliputi tukar menukar informasi (information sharing), iklan (advertising), dan transaksi (transacting).Bisa disimpulkan bahwa e-commerce adalah suatu transaksi komersial melalui jaringan komunikasi yang dapat berupa fax, e-mail,telegram, telex, EDI serta saran elektronik lainnya yang meliputi kegiatan tukar menukar informasi, iklan, pemasaran, dan kegiatan perbankan melalui internet.
Melihat perkembangan e-commerce saat ini maka potensi pelanggaran terhadap informasi pribadi masyarakat secara elektronik akan meningkat sehingga pelanggaran terhadap privasi atas informasi pribadi akan bertambah. Pelanggaran privasi yang terjadi di dalam e-commerce antara lain : Informasi pribadi yang diperoleh ketika sesorang melakukan transaksi melalui internet termasuk ketika orang tersebut melakukan pembayaran, contohnya membeli barang melalui situs amazon, yahoo, e-bay ataupun doubleclick.

 
Sifat dan Karakteristik E-Commerce
E-Commerce mempunyai sifat dan karakteristik :
·        Transparan dan simultan.
Pertukaran informasi digital antara para pihak yang terjadi dalam proses komunikasi
·        Interaktif.
Koordinasi antara perusahaan dengan individu dalam jual beli barang dan jasa dan pengiriman barang
·        Cepat.
Keuntungan dan Kerugian E-Commerce.
Keuntungan E-Commerce: 


                 Bagi konsumen
·        E-commerce memunkinkan para konsumen untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya selama 24 jam untuk seluruh lokasi di seluruh dunia.
·        E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dalam bertransaksi.
·        E-commerce umumnya menawarkan barang atau jas dengan harga yang relative lebih murah.
·        Di dalam sector jas, pengiriman produk lebih cepat.
·        Konsumen dapat bertukar informasi dengan para konsumen lain secara interaksi. 

Bagi masyarakat.
·        E-commerce memunkinkan sebagian orang untuk bekerja di rumah mereka.
·        E-commerce memungkinkan para pedagang untuk menjual suatu produk/jasa dengan harga yang lebih murah sehingga setiap kalangan dapat membeli produk/jasa tersebut.
·        E-commerce dapat menjangkau konsumen yang berada di daerah terpencil.

Kerugian E-Commerce:

                         Secara teknis.
·        Kurang terjaminnya keamanan dan relibilitas system termasuk keamanan dan reabilitas standard an protocol komunikasi.
·        Kurang memadainya infrastruktur dan bandwith telekomunikasi
·        Bagi vendor memerlukan web server dan ifrastruktur lainnya dan server jaringan. 

 Secara hukum.
·        Masih adanya beberapa permaalahan hokum yangf belum terpecahkan, sedangkan peraturan perundangan yang dibuat oleh pemerintah Negara-negara cenderung belum sempurna untuk dapat menjangkau beberapa permasalahan seperti terjadinya sengketa dalam perdagangan elektronik yang bersifat lintas batas.
·        Keamanan dan privasi dalam perdagangan elektronik dapat merugikan pihak konsumen terutama dalam akses informasi pribadi konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar