Minggu, 07 Oktober 2012

E-Commerce



E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen, manufaktur, service providers dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet.


Tipe-tipe E-Commerce...

1.Bussiness to Business (B2B): tipe e commerce yang mengutamakan  kerjasama transaksi antar perusahaan dengan menggunakan media elektronik.
2.Bussiness to Consumers (B2C): pada B2C, pihak penjual adalah organisasi, sedangkan pihak pembeli biasanya individu
3.Collaborative Commerce (C Commerce): dalam C Commerce, partner bisnis saling bekerjasama secara elektronik biasanya terjadi sepanjang rantai produksi suatu barang atau jasa.
4.Consumers to Business (C2B): konsumen membuat masukkan akan kebutuhannya terhadap barang atau jasa.
5.Consumers to Consumers (C2C): Transaksi antar individu.
6.IntraBusiness Commerce: Penggunaan E Commerce dalam lingkup internal perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kinerja dan operasi.
7.Government to Citizens (G2C): Pelayanan pemerintah terhadap masyarakat yang dapat digunakan untuk kerjasama antara pemerintah dengan pemerintah lain atau dengan perusahaan.
8.Mobile Commerce: memungkinkan penggunaan E Commerce tanpa kabel.

Keuntungan e-Commerce:
- Revenue stream (aliran pendapatan) yang lebih menjanjikan.
- Meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
- Menurunkan biaya operasional (operating cost)
- Melebarkan jangkauan (global reach)
- Meningkatkan customer loyality
- Meningkatkan supplier management
- Memperpendek waktu produksi
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)
perbedaan dengan bisnis yang lain adalah bisnis ini dalam pengoprasian jual-bli melalui jaringan internet

Keamanan e-Commerce:

Di dalam berbisnis memlalui internet pasti ada masalah, sehingga perlu digunakan teknik keamanan dalam berbisnis seperti :
-  Standar enkripsi
Standar enkripsi yang digunakan e-commerce saat ini adalah SET (Secure Electronic Transaction). Selain digunakan untuk pembayaran dengan credit card, SET juga digunakan untuk pembayaran dengan smartcard. Dengan menggunakan SET, kerahasiaan informasi customer (berupa nama dan nomor kartunya) bisa terjaga dengan baik. SET juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas penjual dan customer, sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.
SET menggunakan suatu kriptografi khusus bernama asymmetric cryptography untuk menjamin keamanan transaksi.

pada saat ini, barang yang sering d jual adalah
-          Mersey sepak bola
-          Sepatu futsal
-          Mainan anime yang langka

sumber: wikipedia, http://yebeblog.blogspot.com/2009/10/seputar-keamanan-e-commerce.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar