Minggu, 21 Oktober 2012

Pengantar Forensik Teknologi Inf



Klasifikasi Honeypot

Honeypot dapat diklasifikasikan berdasarkan kepada tingkat interaksi yang dimilikinya. Tingkat interaksi dapat didefinisikan sebagai tingkat aktivitas penyerang / intruder di dalam sistem yang diperbolehkan oleh honeypot.

Low – Interaction Honeypot

Sebuah low – interaction honeypot (honeypot dengan tingkat interaksi rendah) adalah sebuah honeypot yang didesain untuk mengemulasikan service (layanan) seperti pada server asli. Penyerang hanya mampu memeriksa dan terkoneksi ke satu atau beberapa port.

Medium – Interaction Honeypot

Sebuah medium – interaction honeypot memiliki kemampuan yang lebih banyak untuk berinteraksi dengan penyerang dibandingkan low-interaction honeypot namun tidak sebanyak high-interaction honeypot. Pada honeypot ini emulasi layanan dapat ditambahkan berbagai macam fitur tambahan sehingga seakanakan penyerang benar-benar sedang berinteraksi dengan layanan yang sebenarnya.

High – Interaction Honeypot


Pada high – interaction honeypot terdapat sistem operasi dimana penyerang dapat berinteraksi secara langsung dan tidak ada suatu batasan (“chroot/jail”) yang membatasi interaksi tersebut. Dengan dihilangkannya batasan – batasan tersebut, maka tingkat risiko yang dihadapi semakin tinggi karena penyerang dapat memiliki akses root. Pada saat yang sama, kemungkinan pengumpulan informasi semakin meningkat dikarenakan kemungkinan serangan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar